Pengorganisasian pesan-pesan bisnis yang baik akan
mempermudah pencapaian tujuan komunikasi bisnis.
A.
Hal-hal yang menyebabkan pesan-pesan tak
terorganisasi dengan baik.
Dalam suatu organisasi, pesan-pesan yang disampaikan oleh
pimpinan kepada para bawahannya, kadang kala tidak terorganisasi dengan baik.
Hal ini menjadikan pesan-pesan yang disampaikan tidak mengenai sasaran atau
hasilnya tidak sesuai dengan apa yang dikehendakinya. Tidak terorganisasinya
komunikasi dengan baik dapat disebabkan oleh beberapa hal sebagai berikut:
1. bertele-tele sering kali pesan pembuka awal sebuah surat
terlalu panjang hingga mencapai beberapa paragraph, baru kemudian masuk ke
topik bahasan.
2. memasukkan bahan-bahan yang tidak relevan. Adanya
informasi yang tidak relevan dan tidak penting dalam pesan yang disampaikan
kepada audiens membuang-buang waktu, juga dapat membuat pesan-pesan yang
disampaikan menjadi kabur, tidak jelas , dan sulit dipahami.
3. menyajikan ide-ide secara tidak logis dan tidak terkait
dengan topik bahasan yang disampaikan kepada audiens.
4. informasi penting kadang kala tidak tercakup didalam
pembahasan. Poin-poin yang seharusnya memperoleh porsi bahasan lebih besar
menjadi terabaikan.
B.
Pentingnya pengorganisasian pesan yang baik
Dengan mengatur ide-ide secara logis, berurutan, dan tidak
bertele-tele, ide yang disampaikan akan dapat memuaskan kebutuhan-kebutuhan
informasi, motivasi maupun praktis bagi para audiens . Untuk dapat
mengorganisasi pesan-pesan dengan baik, ada empat hal yang perlu diperhatikan,
yaitu:
1. Subjek dan tujuan haruslah jelas.
2. Semua informasi harus berhubungan dengan subjek dan
tujuan.
3. Ide-ide harus dikelompokkan dan disajikan dengan cara
yang logis.
4. Semua informasi yang penting harus sudah tercakup.
Suatu pesan yang disusun dengan baik akan membantu audiens
memahami pesan yang disampaikan, membantu audiens menerima pesan, menghemat
waktu audiens, dan mempermudah pekerjaan komunikator.
No comments:
Post a Comment